Syarat dan Ketentuan

  1. Fitur dan Layanan Staff.UT hanya bisa digunakan oleh staff UT yang memiliki email resmi UT (ecampus.ut.ac.id) dan telah mendaftar. Setelah mendaftar, Blogger Staff UT terikat oleh seluruh ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Penggunaan ini dan ketentuan lain yang telah ditetapkan oleh UT.
  2. Setiap staff UT yang memiliki akun email ecampus.ut.ac.id boleh mendaftar dan mendapatkan akun Staff.UT. Registrasi dilakukan dengan form register dari situs staff.ut.ac.id. Setelah terautentikasi maka calon Pengguna akan mendapatkan email dari WordPress pada Staff.UT. Penggunaan layanan UT lainnya diatur terpisah dari Ketentuan Layanan ini.
  3. Pendaftaran hanya berlaku untuk dan atas nama satu orang, bukan atas nama suatu unit kerja.
  4. Saat mendaftar, Pengguna wajib memasukkan data yang akurat, baru dan lengkap. Staff.UT berhak meminta salinan kartu identitas apabila dibutuhkan dan berhak menghapus akun yang terbukti menggunakan identitas palsu.
  5. Blogger Staff UT wajib menjaga Password, alamat Email dan data pribadi lainnya yang ditempatkan di Staff.UT.
  6. Setelah memiliki akun di Staff.UT, Blogger Staff UT dapat:
    1. Menempatkan dan atau menayangkan Konten sepanjang tidak bertentangan dengan Ketentuan Layanan.
    2. Mengelola Konten yang telah dimasukkan dan atau ditayangkan dengan fitur pengelolaan yang tersedia.
    3. Memberi komentar, peringkat dan berbagi Konten ke situs Media Sosial (Sosial Media) lain.
    4. Mengelola komentar yang diterima (menghapus, tidak menayangkan atau menandai sebagai spam), baik komentar di Tulisan ataupun di Halaman Profil.
    5. Berkirim pesan dengan sesama Blogger Staff UT.
    6. Menjalin pertemanan dengan sesama Blogger Staff UT.
    7. Melaporkan Tulisan dan atau Blogger Staff UT lain yang dianggap melanggar Ketentuan Layanan.
  7. Blogger Staff UT bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang ditempatkan dan atau ditayangkan di Staff.UT, dan dengan ini menyatakan bahwa Konten tersebut ditempatkan dan atau ditayangkan atas kesadaran dan kemauan sendiri.
  8. Pada saat ingin menempatkan atau menayangkan Konten di Staff.UT, Blogger Staff UT dilarang:
    1. Menempatkan, menayangkan konten yang bersifat internal administrasi UT, seperti: notulen hasil rapat, draft surat, rahasia negara, dokumen internal.
    2. Melakukan aksi plagiarisme dalam bentuk dan untuk alasan apapun.
    3. Menyalin, menayangkan-ulang atau meneruskan sebagian atau seluruh Tulisan, Komentar dan atau Berita milik orang atau pihak lain tanpa maksud membuat Tulisan atau Berita baru yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat disebut sebagai Konten miliknya.
    4. Menayangkan cuplikan suatu Tulisan yang sudah ditayangkan di Staff.UT, blog atau situs internet lainnya tanpa menyebutkan sumber aslinya.
    5. Memuat dan atau menayangkan materi iklan atau Konten lain yang secara langsung atau tidak langsung berisi ajakan untuk membeli produk/barang/jasa yang tercantum dalam tulisan. Hal ini termasuk dengan cara penggunaan Tag, Judul, Tautan dan atau signature pada tulisan.
    6. Menempatkan Foto milik orang atau pihak lain sebagai pelengkap atau penghias tulisan tanpa izin dan atau tanpa menyebut nama pemilik dan atau sumber Foto. Foto yang berasal dari hasil pencarian mesin pencari seperti Google dan Yahoo! tetap harus disebutkan sumber aslinya.
    7. Mengirim Komentar dan atau Pesan Berantai (spamming) dengan atau tanpa mencantumkan satu alamat website
    8. Menyerang, menghina dan atau menjatuhkan karakter atau pribadi Blogger Staff UT lain dengan cara dan tujuan apapun.
    9. Menempatkan Konten apapun dengan cara apapun yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani atau mengganggu server Staff.UT atau jaringan UT.
  9. Dengan mendaftar di Staff.UT, Blogger Staff UT memahami dan setuju untuk tidak menggunakan, menempatkan, mengunduh, menautkan, melekatkan dan atau menayangkan Konten yang:
    1. Melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa kecuali, hak intelektual, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta, publisitas atau hak milik lainnya dari pihak ketiga.
    2. Melanggar hukum, mengancam, memfitnah, mencemarkan, memperdaya, menipu, curang atau menimbulkan kebencian pada orang atau golongan tertentu.
    3. Menghina, melecehkan, merendahkan atau mengintimidasi individu atau grup individu berdasarkan agama, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, usia atau cacat fisik.
    4. Melanggar norma kesusilaan, cabul dan pornografi.
    5. Menganjurkan atau menyarankan perbuatan yang melanggar hukum.
    6. Menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).
    7. Memuat kata-kata atau gambar-gambar yang berisi dan atau menimbulkan rasa ngeri, kasar, kotor, jorok, dan sumpah serapah.
    8. Menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
    9. Mengandung virus atau kode komputer lainnya, file atau program yang dapat mengganggu, merusak atau membatasi fungsi dari software atau hardware komputer atau peralatan komunikasi, atau memperbolehkan penggunaan komputer atau jaringan komputer yang tidak sah.
    10. Melanggar Ketentuan Layanan, petunjuk atau kebijakan lainnya yang ada di Staff.UT.
  10. Sebelum menempatkan dan atau menayangkan Konten, Blogger Staff UT wajib memastikan bahwa setiap Konten tersebut tidak melanggar seluruh ketentuan yang tertulis pada Ketentuan Layanan ini.
  11. UT dan pengelola Internet UT, Unit Pelaksanaan Teknis Teknologi Informasi Komunikasi Universitas Terbuka (UPT TIK UT) tunduk kepada peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Oleh karena itu, saat terjadi keluhan, protes, klaim dan atau permasalahan hukum yang disebabkan oleh Konten yang dimasukkan dan atau ditayangkan oleh Blogger Staff UT, Staff.UT berhak menyampaikan segala informasi terkait pemilik Konten, termasuk alamat Internet Protocol (IP) yang terekam di dalam sistem Staff.UT kepada Pihak Berwenang.
  12. Terkait Konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem Staff.UT, Blogger Staff UT mengizinkan Admin untuk:
    1. Menghapus tulisan, pesan dan atau komentar yang melanggar Ketentuan Layanan dengan atau tanpa pemberitahuan kepada yang bersangkutan.
    2. Menghapus Foto yang melanggar Ketentuan Layanan dan atau tidak mencantumkan sumber dan atau pemilik foto.
    3. Menempatkan Foto sebagai ilustrasi atau pelengkap tulisan untuk keperluan penayangan Headline (Tulisan Utama). Admin menjamin foto yang ditempatkan tidak bertentangan dengan Ketentuan Layanan foto seperti diatur dalam Ketentuan Layanan.
    4. Mengoreksi kekeliruan kode-kode HTML, termasuk mengoreksi penggunaan jenis huruf dan ukurannya, yang dapat mengganggu tampilan Konten maupun tampilan Staff.UT secara keseluruhan.
    5. Mengoreksi Judul, Isi, Tag (tanda), Jenis dan Kategori Tulisan.
    6. Mengubah waktu tayang Konten.
  13. Terkait Konten yang telah ditayangkan di Staff.UT, Blogger Staff UT tidak dibenarkan untuk:
    1. Mengubah substansi dan atau isi Konten.
    2. Mengubah waktu tayang Konten.
    3. Melakukan manipulasi dengan cara apapun terhadap fitur atribut yang terdapat pada Konten, termasuk jumlah Pembaca, jumlah Peringkat (rating) dan jumlah Komentar.
  14. Admin tidak melakukan pengawasan terhadap Konten sepanjang waktu. Blogger Staff UT diminta ikut serta mengawasi dan memonitor Konten di Staff.UT dengan menghubungi admin Staff.UT.
  15. Masa berlaku akun pengguna Staff.UT mengikuti masa berlaku akun ecampus.ut.ac.id yang dimiliki pengguna Staff.UT.
  16. Blogger Staff UT juga bisa melaporkan Blogger Staff UT lain yang dianggap mengganggu kenyamanan dan atau melanggar Ketentuan Layanan dengan menghubungi admin Staff.UT.
  17. UT akan mempelajari setiap Laporan yang masuk dan mengambil tindakan yang diperlukan.

SANKSI

Apabila terjadi pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan, Staff.UT akan melakukan tindakan tegas secara bertahap, mulai dari:

  1. Penghapusan Konten.
  2. Pemberian Teguran.
  3. Peringatan
  4. Pemblokiran Akun.
  5. Penghapusan Akun.
  6. Sanksi Administrasi sesuai aturan UT
  7. Pemberhentian dari UT.
  8. Konten yang melanggar Ketentuan Layanan akan langsung dihapus.
  9. Penggunaan Foto dengan tanpa izin dan atau tanpa menyebut pemilik atau sumbernya akan langsung dihapus.

PASAL SANGGAHAN

  1. UT dan UT selaku pihak yang menaunginya tidak bisa dituntut atau dimintai pertanggungjawaban atas penyalahgunaan dan hilangnya seluruh atau sebagian data pribadi dan atau Konten yang telah ditempatkan dan atau ditayangkan di Staff.UT.
  2. UT dan UT selaku pihak yang menaunginya tidak bisa dituntut atau dimintai pertanggungjawaban atas segala pernyataan, gagasan, pendapat, kekeliruan, kesalahan, ketidaktepatan atau kekurangan yang terdapat pada Konten yang ditempatkan dan atau ditayangkan oleh Blogger Staff UT.
  3. Blogger Staff UT setuju untuk membebaskan serta tidak membebani Staff.UT dan UT selaku pihak yang menaunginya atas segala keluhan, protes, klaim atau permasalahan hukum yang terjadi yang disebabkan oleh Konten yang dimasukkan dan atau ditayangkan di Staff.UT.
  4. Gugatan terkait penggunaan Foto yang tidak sesuai dengan Ketentuan Layanan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Blogger Staff UT yang mengunggahnya. Staff.UT tidak bisa dituntut atau digugat atas penggunaan Foto tersebut.

PERUBAHAN KETENTUAN LAYANAN

Staff.UT dapat setiap saat mengganti, menambah atau mengurangi Ketentuan Layanan ini. Blogger Staff UT terikat oleh setiap perubahan tersebut dan karenanya secara berkala diminta melihat halaman ini untuk memeriksa Ketentuan Layanan yang berlaku dan mengikat Blogger Staff UT.

PERUBAHAN STAFF.UT

Staff.UT berhak mengubah dan atau menghentikan sebagian atau seluruh layanan dan atau fitur sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.